Jayapura (ANTARA) - Kejuaraan karate memperebutkan Piala Rektor Universitas Cenderawasih (Uncen) VII 2023 sebagai ajang kolaborasi untuk melahirkan atlet karate Papua yang berprestasi.

"Kami mengajak semua pihak untuk bersama-sama bersinergi untuk mendukung dan memberikan ruang bagi atlet karate Papua agar bisa mengukir prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional," kata Ketua Panitia kejuaraan Amon Amil Kosay di Jayapura, Kamis.

Menurut Kosay, sebanyak 587 karateka dari 21 dojo di wilayah Tabi Saireri dan Pegunungan Tengah Papua akan mengikuti kejuaraan karate pada 3-5 Agustus 2023 di Auditorium Universitas Cenderawasih.

"Peserta tersebar di Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Jayapura, Biak Numfor dan Kabupaten Mimika," ujarnya.

Dia menjelaskan kejuaraan karate Piala Rektor Uncen VII akan mempertandingkan 58 kelas Kumite dan Kata dari usia dini, pra pemula, pemula, kadet, junior dan senior hingga batas usia 20 tahun.

"Kejuaraan ini merupakan program rutin dojo Uncen karate sport club, untuk mengukur kemampuan dan menambah pengalaman serta dalam rangka menyambut HUT RI ke-78 Tahun tetapi tujuan utama ialah mempersiapkan atlet Papua yang berkualitas," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap melalui kejuaraan tersebut para atlet dapat mengukur kemampuan selama berlatih karena masih kurang kegiatan untuk para karateka muda menambah jam bertanding.

"Kami harap melalui kejuaraan ini muncul generasi batu atlet karate Papua yang berprestasi," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024