Jayapura (ANTARA) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Jayapura, Papua memberikan pendidikan bela negara kepada pelajar jenjang SMP dan SMA serta masyarakat di daerah itu guna menumbuhkan rasa cinta Tanah Air.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Jayapura Raimondus Mote di Jayapura, Kamis, mengatakan pendidikan bela negara yang diberikan kepada pelajar bertujuan agar pemahaman dan wawasan berbangsa dan bernegara bisa tertanam dalam diri guna mewujudkan ketahanan nasional.

"Karena pelajar merupakan generasi penerus bangsa yang demokratis sehingga pendidikan bela negara perlu dipupuk sejak dini," katanya.

Menurut Mote, bela negara merupakan perilaku dan tindakan warga dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah serta menjaga keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Sehingga kami harap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan terhadap Tanah Air," ujarnya.

Dia menjelaskan salah satu upaya yang bisa dilakukan pelajar untuk menumbuhkan cinta Tanah Air yakni mengikuti dan mempelajari pendidikan kewarganegaraan di sekolah.

"Sehingga kesadaran berbangsa dan bernegara dapat menumbuhkan sikap rela berkorban untuk negara," katanya.

Pendidikan bela negara kepada pelajar dan masyarakat Kota Jayapura dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Setda Kota Jayapura Amos Solossa, Kamis (3/8) itu sekaligus dilakukan penyerahan Bendera Merah Putih sebanyak 2.259 bendera kepada masyarakat setempat.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024