Timika (ANTARA) - Pemerintah kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memprioritaskan pemberdayaan ekonomi terhadap masyarakat kampung pada daerah tersebut.

Penjabat Sekretaris Daerah Mimika Petrus Yumte di Timika, Senin mengatakan pemberdayaan ekonomi sangat penting guna meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.

"Di era Otonomi khusus (Otsus) memberi ruang bagi keberpihakan pemerintah terhadap orang asli Papua untuk itu maka pemberdayaan ekonomi harus dilakukan," katanya.

Menurut Petrus, masyarakat khususnya Orang Asli Papua (OAP) harus didorong dari sisi pemberdayaan ekonomi dengan demikian maka mereka dapat memperoleh pendidikan dan kesehatan yang layak karena didukung oleh kemampuan ekonomi yang baik juga.

"Saat ini pemerintah fokus memberdayakan ekonomi masyarakat jadi kegiatan perjalanan dinas yang terlalu banyak dipangkas dan kita prioritas pada program yang berdampak langsung ke masyarakat," ujarnya.

Dia menjelaskan pemerintah juga memiliki program bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan perizinan sebagai bentuk pemberdayaan bagi OAP di daerah ini.

"Pelaku UMKM perlu didorong terus agar lebih kreatif dan inovatif melalui bantuan pemerintah dengan demikian maka ekonomi masyarakat diberdayakan," katanya lagi.

Dia menambahkan pemberdayaan UMKM juga dilakukan melalui pelaksanaan pelatihan guna meningkatkan kapasitas yang dimiliki agar semakin bersemangat dalam menggerakkan perekonomian.

"Kami berharap melalui pemberdayaan ekonomi maka masyarakat dapat bertumbuh dan berkembang menuju kemandirian," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024