Biak (ANTARA) - Sebanyak 4.000 lebih pelajar SMA/SMK dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Biak Numfor, Papua mengikuti karnaval jalan Harmoni Biak menyambut Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia, Kamis.

Pelaksana tugas Sekretaris Daerah Biak Numfor ZL Mailoa pada pelepasan karnaval berharap, kegiatan karnaval menyambut HUT RI bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa untuk mempertebal jiwa nasionalisme kaum muda sebagai generasi penerus.

"Dengan karnaval jalan dapat menjalin hubungan persaudaraan antarsiswa dan mahasiswa di Kabupaten Biak Numfor," harap Mailoa.

Berbagai peserta siswa dan mahasiswa menggunakan beragam pakaian adat, TNI/Polri, pilot, dokter, teknisi kendaraan, ASN, pendeta, ustadz, drumband hingga pakaian daerah sejumlah etnis Nusantara.

Rute yang dilalui peserta karnaval jalan SMA/SMK dan mahasiswa dengan start di lapangan Mandala, Yos Sudarso, Ahmad Yani dan finish di kawasan pertigaan Mako Polisi Militer Biak.

Sekitar 15 ribu warga Biak Kota sekitarnya memadati kiri kanan jalan meski cuaca sangat panas terik matahari.

Salah satu warga Biak Marthinus menggunakan, acara karnaval jalan menyambut HUT ke-78 RI menjadi tontonan hiburan untuk masyarakat Biak Numfor.

"Kemeriahan warga Biak Numfor menyambut hari Kemerdekaan RI ke-78 sebagai ungkapan syukur," ujar Marthinus.

Sebelum memasuki tempat garis finish peserta pawai karnaval siswa SMA/SMK disambut Bupati Herry Ario Naap bersama penjabat pimpinan OPD di panggung kehormatan.

"Terima kasih kegiatan karnaval pelajar dan mahasiswa di Biak Numfor berjalan lancar, aman dan kondusif hingga selesai," sebut Ketua panitia HUT RI ke-78 Biak George Krey.

Hingga menjelang Magrib, ribuan peserta karnaval telah berhasil masuk garis finish dengan peserta terakhir adalah Universitas Cenderawasih Jayapura kelas Biak, pada Kamis malam pukul 18.00 WIT.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024