Jayapura (ANTARA) - Bantuan dari pemimpin Polri dan Polda Papua dikirim menggunakan pesawat sewa ke bagian wilayah Kabupaten Puncak di Provinsi Papua Tengah yang menghadapi bencana akibat kondisi cuaca ekstrem.

Menurut keterangan Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol Ignatius Benny Ady Prabowo kepada ANTARA di Jayapura, Sabtu, kepolisian menyewa pesawat milik Reven Global Airtranspor untuk mengangkut bantuan pangan dan pakaian ke Distrik Agandugume dan Sinak di Kabupaten Puncak.

Ia mengatakan bahwa bantuan dari pemimpin Polri dan Polda Papua telah diserahkan ke posko penanganan bencana alam Puncak yang ada di Timika, Kabupaten Mimika.

Menurut dia, bantuan dari pemimpin Polri dan Polda Papua yang antara lain berupa 1.500 paket sembako, lima ton beras, dan 1.150 jaket rencananya diangkut ke Agandugume dan Sinak dalam tiga penerbangan pada Sabtu.

Benny mengatakan bahwa Mabes Polri menambahkan bantuan berupa 20 ton beras, yang saat ini masih dalam perjalanan.

"Kami akan bekerja sama dengan pemerintah daerah, kepala distrik, dan kepala kampung untuk memastikan bantuan tersebut disalurkan tepat sasaran dan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Dia menambahkan, Polri juga akan mengirim tambahan personel untuk membantu pengamanan dan penyelenggaraan pelayanan bagi warga yang terdampak bencana alam di Kabupaten Puncak.

Kondisi cuaca ekstrem telah menimbulkan kegagalan panen dan menyebabkan kelaparan di Distrik Agandugume, Lambewi, dan Oneri di Kabupaten Puncak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa bencana tersebut menyebabkan enam orang meninggal karena diare.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bantuan dari pemimpin Polri dan Polda Papua dikirim ke Puncak

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024