Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua bakal menggelar pertandingan persahabatan melawan Papua Nugini dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Republik Indonesia, yang bertempat di Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura, pada 18-19 Agustus.
 
Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setda Papua Suzana Wanggai kepada Antara di Jayapura, Selasa, mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu sarana untuk memperkuat solidaritas serta rasa persaudaraan antar kedua negara yang berada di satu daratan tersebut.
 
"Kami mengajak seluruh masyarakat Papua menonton dan meramaikan laga persahabatan internasional antara tim sepak bola Papua Indonesia Selection dengan Hekari United FC, Papua Nugini, baik pertandingan putri maupun putra," katanya.
 
Pertandingan tersebut terlaksana juga karena adanya keinginan kuat dari negara tetangga tersebut untuk bertanding dengan tim Bumi Cenderawasih.
 
"Kami merasa senang sekali dan suatu kehormatan karena pertandingan antara kedua tim sepak bola ini dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-78 RI,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan selain bertanding, tim dan ofisial Hekari United PNG juga akan menghadiri upacara peringatan HUT ke-78 RI di Stadion Mandala, Kota Jayapura.
 
"Kami berharap adanya kegiatan tersebut dapat membangun kerja sama lebih erat lagi ke depannya, baik di bidang infrastruktur, perekonomian, SDM, pendidikan, dan kesehatan," katanya.
 
Pihaknya berpesan kepada para pemain Papua agar bermain secara sportif.
 
Sementara itu, Manajer tim Hekari United FC Vonnie Kapi Natto mengatakan ini menjadi kunjungan pertama ke Papua, sehingga pihaknya sangat berterima kasih karena bisa bermain di Jayapura.
 
"Melalui pertandingan sepak bola, kami berharap persahabatan menjadi erat," katanya.
 
Menurut Vonnie, dengan ikut memeriahkan HUT ke-78 merupakan suatu kehormatan dan luar biasa, semoga ke depan jalinan persaudaraan bisa semakin erat.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024