Jayapura (ANTARA) - Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura, Papua mendorong semua SMK di daerah itu bisa mengembangkan produk unggulan supaya bisa diserap oleh pasar nasional.

"Kami pikir SMK di sini bisa untuk mengembangkan setiap produk unggulan dan mampu bersaing dengan produk unggulan dari SMK lain di Indonesia," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura Abdul Majid di Jayapura, Rabu.

Menurut Majid, salah satu upaya untuk mengembangkan produk unggulan seperti kegiatan job fair dan pameran yang digelar SMK Negeri 3 Teknologi dan Rekayasa Jayapura pada Rabu (16/8).

"Kegiatan ini sangat positif karena melaluinya produk unggulan dari SMKN 3 Jayapura dapat dilirik dan diserap pasar," ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya meminta agar kegiatan tersebut bisa ditiru oleh SMK yang lain di Kota Jayapura yang di mana tujuannya juga untuk mempromosikan sekolah agar diminati oleh lulusan SMP di Kota Jayapura.

Dia mengatakan, kegiatan job fair dan pameran akan menjadi fokus Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura, sehingga produk yang ditampilkan bisa dilirik tetapi juga Sumber Daya Manusia (SDM) SMK bisa direkrut oleh dunia industri.

"Apalagi pelaksanaan kegiatan job fair dan pameran bekerjasama dengan dunia industri sehingga ke depan kami akan terus mendorong," katanya.

Pelaksanaan job fair dan pameran yang digelar SMKN 3 Teknologi dan Rekayasa Jayapura dibuka oleh Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi pada Rabu (16/8) dan berlangsung selama dua hari atau pada 16-17 Agustus 2023.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024