Timika (ANTARA) - Dinas perikanan Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, memberikan bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan tradisional di daerah tersebut.

Kepala Dinas Perikanan Mimika Antonius Welerubun di Timika, Jumat, mengatakan bantuan alat tangkap itu untuk memaksimalkan  nelayan dalam melakukan aktivitas penangkapan ikan.

“Kami memberikan alat tangkap ikan berupa jaring, selain itu para nelayan diberikan pelatihan cara melakukan penangkapan yang baik,” katanya.

Menurut Antonius, pihaknya akan terus memberikan pelatihan secara konsisten dan berkelanjutan agar nelayan tradisional dapat menghasilkan tangkapan yang baik.

“Jika hasil tangkapan mereka baik dan banyak maka kebutuhan ekonomi keluarganya akan terpenuhi karena memiliki penghasilan yang cukup,” ujarnya.

Dia menjelaskan Dinas Perikanan memaksimalkan dana Otonomi khusus (Otsus) melalui dua bidang kerja yakni tangkap dan budidaya.

“Nelayan lokal merupakan masyarakat asli Mimika yang hidupnya mengandalkan hasil tangkapan dari laut sehingga dana Otsus difokuskan pada orang asli Papua,” katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap orang asli Papua yang berada di Kabupaten Mimika dapat terus bergerak maju memberdayakan perekonomian keluarga melalui hasil laut.

“Mimika merupakan daerah yang kaya akan hasil laut seperti ikan, kepiting, udang serta beberapa komoditas laut lainnya,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024