Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Biak Numfor, Papua mengintensifkan patroli siber di dunia maya untuk mengawasi penyebaran informasi hoaks menjelang tahun politik Pemilu 2024.

"Pengawasan tim siber Polres Biak dibantu Polda Papua untuk mencegah paham radikalisme, ujaran kebencian mengandung unsur suku, agama, ras, dan antar-golongan (SARA) serta mengantisipasi adanya informasi hoaks yang tidak benar dalam rangka menghadapi tahun politik Pemilu 2024," sebut Kepala Kepolisian Resor Biak (Kapolres) AKBP Damianus Dedy Susanto seusai Sertijab Kabag Operasi dari AKP George Wattimena S.IP kepada penjabat baru AKP Mika Rumbrapuk di Biak, Kamis.

Kapolres AKBP Damianus mengingatkan, masyarakat di wilayah hukum Polres Biak Numfor untuk tidak menyebarkan informasi apapun yang tidak benar untuk di-posting ke media sosial.

Karena jika warga melakukan posting-an informasi hoaks atau mengandung unsur SARA, menurut AKBP Damianus, maka akan berdampak hukum karena bisa ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

"Jajaran Polres Biak Numfor terus mengimbau masyarakat untuk ikut menjaga situasi kamtibmas daerah yang sangat kondusif menjelang Pemilu 2024," ujar Kapolres AKBP Damianus.

Diakui Kapolres, jika dalam patroli siber ditemukan informasi hoaks pemilu maka pihaknya akan segera melakukan tindakan tegas sesuai peraturan hukum yang berlaku.

Disebutkan Kapolres, hukuman bagi siapa saja atau orang penyebar informasi hoaks dapat dijerat dengan pasal 28 ayat 1 Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Serta penyebar hoaks, lanjut AKBP Damianus, dapat diancam pidana pasal 45A ayat 1 UU No 19 tahun 2016 tentang UU ITE dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar.

"Sampai saat ini kondisi Kamtibmas di wilayah hukum Polres Kabupaten Biak Numfor sangat kondusif.Dan, keadaan ini terus masyarakat jaga bersama hingga Pemilu serentak berlangsung dengan lancar," tegas Kapolres AKBP Damianus.

Sertijab Kabag Ops

Sebelumnya, Kapolres AKBP Damianus Dedy Susanto memimpin serah terima jabatan strategis di lingkungan Polres Biak Numfor, Kamis.

Sejumlah jabatan yang dilantik yakni Kabag OPS AKP Mika Rumbrapuk serta Kapolsek Numfor Timur Ipda Estefanus Soisa, Kapolsek Numfor Barat Ipda M. Ruslan, Kapolsek Biak Barat Ipda Gunawan Ruhupatty.

"Pergantian jabatan atau mutasi di lingkungan organisasi Polri sebagai sesuatu hal yang wajar biasa terjadi dalam rangka pengembangan karir jabatan setiap anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia dimana saja bertugas," ujar Kapolres AKBP Damianus.


 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024