Biak (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini melakukan kunjungan ke pulau terluar di Mapia, Kabupaten Supiori, Papua, guna membuktikan negara hadir untuk melihat kondisi sosial kebutuhan masyarakat di daerah setempat.

Kunjungan ini merupakan bagian Ekspedisi Kebangsaan Kepulauan Mapia Tahun 2023 dilakukan Kementerian Sosial bersama TNI Angkatan Laut dengan menggunakan KRI dr. Wahidin Sudirohusodo (WSH) 991.

Bantuan untuk masyarakat pulau terluar Mapia terdiri 82 unit Solar Home System (SHS), 10 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJUTS), Sea Water Reverse Osmosis (SWRO), 100 ekor ayam petelur dan kandang batere,  pakan, vitamin, dan vaksin ayam petelur.

Serta bantuan  peralatan pemberdayaan pertanian, sarana prasarana olahraga, dukungan alat kesehatan dan pendidikan, sembako,  makanan anak, alat kebersihan diri, kompor biomassa. 

Total bantuan yang diberikan Kemensos untuk masyarakat di Kepulauan Mapia sebesar Rp1,76  miliar.
  
"Karena posisinya sebagai pulau terdepan, terluar, tertinggal, maka terkait juga dengan keamanan negara dan kesulitan ekonomi masyarakat lokal di Pulau Mapia," ujar Mensos Risma, sapaan akrabTri Rismaharini, dalam keterangan media ekspedisi Kebangsaan di KRI Wahidin Sudirohusodo, Selasa.

Di Mapia, lanjutnya, disiapkan bantuan peralatan medis, sepatu anak sekolah, seng untuk sekolah, solar cell, kompor, dan ayam petelur, dalam upaya mendukung peningkatan ekonomi masyarakat komunitas adat terpencil.

"Dan juga membantu pendidikan anak, kesehatan, dan peternakan ayam, bagi warga Pulau terluar Mapia," katanya.

Mensos Risma mengunjungi Pulau Mapia  untuk melihat kebutuhan sarana air bersih dan pemberdayaan ekonomi masyarakat adat lokal, terkait dengan potensi kopra, peternakan ayam petelur, ikan asin, kelapa, dan alat penyaring air bersih.

"Kemensos juga membawa berbagai bantuan sosial untuk masyarakat di Pulau Mapia," kata Mensos Risma. 

Paling penting diperhatikan warga di pulau terluar Mapia, menurut Mensos, terpenuhi ketahanan pangan supaya warga tidak kelaparan dan memenuhi kebutuhan dasar seperti air bersih dan listrik.

"Ini wujud nyata perhatian pemerintah terhadap masyarakat di wilayah Pulau Mapia, Kabupaten Supiori," katanya.

Kunjungan Mensos Risma itu didampingi Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Singgih S, Danlanal Biak Kolonel Marinir Carlos Deda, pejabat Kemensos serta Staf Ahli Mensos dan Asisten 1 Sekda Supiori Hengky Mandosir.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mensos salurkan bantuan untuk masyarakat pulau terluar Mapia Papua

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024