Jayapura (ANTARA) - Bupati Puncak, Papua Tengah Willem Wandik mengakui, keberadaan gudang logistik yang akan dibangun di Sinak dan Agandugume nantinya dapat membantu mengatasi kekurangan pangan saat wilayah itu terkena bencana cuaca ekstrem.

"Cuaca ekstrem seringkali melanda beberapa distrik hingga mengakibatkan gagal panen dan masyarakat kesulitan dalam memperoleh bahan makanan," kata Bupati Wandik yang dihubungi ANTARA di Jayapura, Selasa (12/9).

Ia menjelaskan, dengan adanya gudang pangan yang dibangun Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) maka masalah kekurangan pangan saat cuaca ekstrem bisa teratasi.

Menurut Bupati Wandik, gudang logistik yang akan dibangun di Sinak akan lebih besar dibanding di Agandugume mengingat transportasi ke Sinak lebih mudah.

Selain itu dari Sinak juga dapat menjangkau wilayah sekitarnya termasuk Agandugume melalui darat.

Pemerintah sudah merencanakan membangun jalan Sinak-Agandugume dan peningkatan jalan Sinak-Ilaga.

"Sebetulnya jalan Sinak-Ilaga sudah terhubung namun karena gangguan keamanan yang sering terjadi menyebabkan kondisi jalan masih berupa jalan padat tahan cuaca dan belum diaspal, " jelas Wandik.

Bupati Puncak berharap, berbagai program yang saat ini sedang berjalan dapat dijaga sehingga masyarakat bisa menikmatinya.

"Mari kita jaga semua hasil pembangunan yang sudah ada agar dapat dinikmati bersama dan daerah ini maju seperti halnya wilayah lainnya di Tanah Papua," harap Bupati Puncak Willem Wandik.

Kabupaten Puncak merupakan salah satu wilayah yang masuk dalam Provinsi Papua Tengah.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024