Biak (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengintensifkan sosialisasi tahapan Pemilu 2024 kepada masyarakat di pelosok kampung dengan memanfaatkan media sosial dan media elektronik radio.

Informasi tahapan Pemilu Serentak dapat diketahui warga berbagai kampung melalui  media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan Whatsapp hingga media radio LPP RRI Biak.

Sebelumnya, Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Yemima M.Msiren kepada wartawan di Biak mengatakan, 
dengan gencar sosialisasi tahapan pemilu mengharapkan semua masyarakat yang telah terdaftar sebagai pemilih dapat memperoleh informasi tahapan pemilu.

Terkait dengan mahasiswa sebagai pemilih cerdas sebagai menjadi pelopor demokrasi, menurut dia, dengan menyalurkan hak suara secara langsung di tempat pemungutan suara Pemilu 14 Februari 2024.

"Mahasiswa diminta untuk ikut menjadi pemberi informasi kepada masyarakat untuk dapat menyalurkan hak pilih Pemilu 2024," ujar Yemima.

Ia mengharapkan, peran aktif mahasiswa turut serta membantu KPU guna menyosialisasikan memilih cerdas kepada semua komponen masyarakat hingga ke pelook kampung.

"KPU juga mendorong mahasiswa untuk dapat menjadi contoh dalam menyalurkan hak pilih secara bertanggungjawab dan berintegritas pada Pemilu 14 Februari 2024," ujar Yemima.

Dia berharap, mahasiswa di Kabupaten Biak Numfor tidak mudah terprovokasi dengan berita hoaks karena dapat mengganggu tahapan pemilu serentak.

"KPU berharap setiap informasi yang diterima sebelum di-sharing harus disaring dengan benar sehingga tidak menimbulkan kegaduhan politik," sebut Yemima.

Komisioner KPU Yemima berharap mahasiswa tidak ikut menyebar informasi hoaks tetapi menjadi agen pemberi informasi yang bermanfaat bagi suksesnya pemilu yang cerdas memilih di pemilu.

“Sukseskan pemilu dengan menggunakan hak pilih dengan baik dan benar karena suara mahasiswa dapat menentukan masa depan bangsa dan jangan terprovokasi dengan isu hoaks,” katanya.

Hingga, Sabtu (16/9) KPU Biak Numfor bersama 19 panitia pemilihan distrik dan 268 panitia pemungutan suara di kampung/kelurahan masih gencar menyosialisasikan tahapan pemilu 2024 untuk masyarakat di berbagai kampung

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024