Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menyebut upacara di taman makam pahlawan merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan kepada para pejuang negara ini.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Jayapura Abdul Hamid Toffir di Jayapura, Rabu, mengatakan pemerintah saat ini ada karena perjuangan dari para pahlawan.

“Pemerintah dihadirkan di TMP (Taman Makam Pahlawan) Kesuma Jayapura karena merupakan bagian yang tak terpisahkan dari penyelenggaraan pemerintahan secara umum,” katanya.

Menurut Toffir, pemerintah bisa hadir di TMP itu bagian penghargaan yang diberikan kepada para pejuang yang telah gugur.

“Mereka telah susah payah memperjuangkan negara ini tampa pamrih, bahkan jiwa-raga mereka harus korbankan dalam menjaga kedaulatan negara kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Toffir menjelaskan TNI-Polri dalam menjaga dan mempertahankan negara ini, komitmennya sangat luar biasa.

“Kita sebagai (warga) sipil harus terus memberikan dukungan kepada aparat TNI-Polri dalam menjaga negara ini baik dari luar maupun dalam, sehingga Kamtibmas terus terpelihara dengan baik “ katanya.

Dia menambahkan TNI-Polri memiliki jiwa korsa atau daya juang sangat luar biasa dalam menjaga keutuhan NKRI, sehingga masyarakat maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) harus mendukung setiap upaya yang mereka lakukan.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono bertindak sebagai inspektur upacara pada pelaksanaan Upacara Ziara TMP Kesuma Jayapura memperingati HUT ke-78 TNI 2023, Rabu.
 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024