Sentani (ANTARA) - Polisi Wanita (Polwan) Polres Jayapura terus mengajarkan baca tulis kepada warga orang asli Papua untuk menekan buta aksara di BTN Ceria Pasar Baru, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen melalui AKP Dorlince Banundi dalam rilisnya, Jumat mengatakan Program Gerakan Baca Tulis (Gabus) yang dijalankan para Srikandi Cycloop Polres Jayapura semata-mata membantu pemerintah daerah dalam pemberantasan buta aksara.

“Dengan ketekunan, konsistensi dan berusaha kami terus mengajarkan membaca kepada masyarakat Sentani khususnya warga yang berada di BTN Ceria Pasar Baru,” katanya.

Menurut AKP Banundi, program Gabus ini dibuat untuk seluruh kalangan masyarakat sebagai upaya pencegahan buta aksara di wilayah Kabupaten Jayapura.

"Dengan menyambangi mereka kami para fasilitator Gabus mengajar seluruh peserta didik dari segala kalangan yang muda maupun yang sudah lanjut usia," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan adanya Program Gabus maka dapat terus menekan angka buta aksara di Kabupaten Jayapura.

"Karena program ini peserta didik kami jadi paham huruf abjad dan mudah dalam berhitung,” katanya.

Dia menambahkan peserta didik program Gabus merasa terbantu, materi yang diajarkan juga setiap pertemuannya berbeda.

“Hal ini dilakukan agar para peserta didik tidak merasa bosan saat belajar,” ujarnya.

Personel Polwan Polres Jayapura sangat intens memberikan pendidikan dasar gratis seperti membaca, menulis dan berhitung kepada seluruh kalangan masyarakat khususnya OAP di wilayah hukum Kabupaten Jayapura.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024