Timika (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Mimika, Papua Tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp4,5 miliar guna memberi subsidi bahan pokok bagi masyarakat di daerah ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mimika Yulius Koga di Timika, Sabtu, mengatakan mengingat harga bahan pokok yang terus mengalami kenaikan maka pemerintah daerah menganggarkan Rp4,5 miliar guna menyiapkan subsidi bahan pokok bagi masyarakat.

“Jadi dari anggaran Rp4,5 miliar ini dipergunakan untuk program operasi pasar murah yang telah berlangsung dan akan terus dijalankan hingga Desember 2023,” katanya.

Menurut Yulius, dana subsidi bahan pokok Rp4,5 miliar ini bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika 2023.

“Pada anggaran APBD awal kami mendapat Rp3 miliar setelah itu pada APBD perubahan ditambahkan sebesar Rp1,5 miliar,” ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan pasar murah yang telah dan akan dilakukan ini bertujuan meringankan beban perekonomian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bahan pokok.

“ Melalui kegiatan operasi pasar murah kami berharap dapat menjaga daya beli masyarakat terutama yang kurang mampu kondisi ekonominya,” katanya lagi.

Dia menambahkan terhitung sejak Oktober hingga Desember 2023 pihaknya mengadakan pasar murah seminggu dua kali, agar kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi.

“Awalnya kami selenggarakan pasar murah sebulan dua kali, tetapi karena anggaran telah naik maka jadi dua kali seminggu sejak Oktober hingga Desember 2023,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024