Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua mengajak masyarakatnya menanam pohon di lingkungan rumah masing-masing guna meningkatkan kualitas udara dan mengurangi polusi di Bumi Cenderawasih.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua Derek Hegemur di Jayapura, Selasa, mengatakan, meski di Papua banyak hutan namun perlu disadari bahwa pergerakan masyarakat sangat dinamis sehingga mulai membuka lahan baru.

“Karena pergerakan dinamis itu perlu membuka lahan baru, untuk itulah sangat penting dilakukan penanaman pohon terutama di sekitar lingkungan tempat tinggal,” katanya.

Menurut Derek, pemprov sendiri telah mengawali penanaman pohon bambu pada dua bulan lalu di areal sepanjang 78 kilometer.

“Kami berharap seluruh masyarakat juga bisa ikut serta dengan melakukan penanaman yang dimulai dari lingkungan rumah masing-masing,” ujarnya.

Dia menjelaskan menanam pohon harus tumbuh dari kesadaran diri, bukan dilakukan hanya karena imbauan pemerintah.

“Untuk itu sangat penting membangun kesadaran lingkungan dengan menanam pohon karena ke depannya akan bermanfaat bagi anak cucu di masa mendatang,” katanya lagi.

Pihaknya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tidak melakukan penebangan pohon sembarangan terutama di daerah perbukitan guna mencegah terjadinya bencana longsor seperti yang terjadi pada 2019.

“Kejadian pada 2019 itu menjadi pembelajaran berharga bagi semua untuk selalu menjaga hutan, karena dengan begitu dapat mencegah terjadinya longsor dan banjir,” ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024