Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua tahun 2023 mendapat tambahan kurang lebih 769 tenaga kesehatan Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk mendukung layanan kesehatan warga di berbagai kampung.

"Kuota tenaga PPPK tenaga kesehatan Biak Numfor tahun 2023 sebanyak 834 orang tetapi yang mengikuti seleksi 769 nakes," ujar Kepala Dinas Kesehatan Biak Daud Nathaniel Duwiri menanggapi kebutuhan tenaga kesehatan Biak, Rabu.

Ia mengatakan, dari rekrutmen jumlah tenaga kesehatan PPPK tahun 2023 akan disebar untuk melayani kesehatan warga di Puskesmas, Pustu, Poliklinik Kampung/Desa dan rumah sakit umum daerah.

Diakuinya, ratusan tenaga kesehatan PPPK diharapkan bisa meningkatkan kinerja pelayanan kesehatan masyarakat di kampung hingga pelosok kepulauan.

Disinggung jumlah tenaga dokter di Biak, menurut Duwiri, untuk dokter spesialis 17 dan 50 dokter umum yang sedang bertugas di Puskesmas, Pustu dan rumah sakit umum daerah.

Disebutkan Kadis Kesehatan Duwiri, luasnya cakupan wilayah pelayanan kesehatan di Kabupaten Biak Numfor hingga pelosok kampung dan kepulauan Padaido, Aimando hingga di Pulau Numfor.

Diakuinya, Pemkab Biak Numfor sangat membutuhkan sosok tenaga kesehatan yang tulus dan ikhlas bekerja.

"Terutama tenaga kesehatan yang mengabdi dan melayani masyarakat dengan kasih di berbagai kampung dan kepulauan," harap Kadiskes Daud Duwiri.

Berdasarkan data program bidang kesehatan merupakan satu dari empat kebijakan strategis daerah di era otonomi khusus program Papua sehat 2021-2041.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024