Jayapura (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI -AL X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono, Selasa,  melepas 30 penyelam yang melakukan deklarasi pemilu damai di bawah laut di perairan Teluk Humboldt Jayapura.

Deklarasi damai dihadiri Ketua Bawaslu Papua Hardin Halidin dan Sekretaris KPU Papua Ryllo Ashuri Panay serta Direktur Polair Polda Papua Kombes Andy Anugrah.

Penyelaman yang dipimpin Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono berlangsung sekitar satu jam yang dipusatkan di sekitar rambu suar merah dengan kedalaman sekitar tujuh meter.

Komandan Lantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono dalam keterangannya mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan guna mewujudkan pemilu damai di Tanah Papua.

Melalui sinergi dengan semua pihak diharapkan dapat menciptakan pemilu yang damai, apalagi semua pihak memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pemilihan umum.

"Melalui sinergi yang kuat ini, kita tidak hanya menjamin keamanan selama proses pemilu, tetapi juga menciptakan fondasi yang solid untuk masa depan Tanah Papua, mari bersama-sama menjaga perdamaian, mendukung proses demokrasi, " ajaknya.

Ketua Bawaslu Provinsi Papua Hardin Halidin menyatakan apresiasinya atas kegiatan yang dilakukan Lantamal X Jayapura dalam mewujudkan pemilu damai.

"Kami berharap TNI-Polri benar-benar mewujudkan netralitasvdalam Pemilu 2024 di Papua, " kata Hardin Halidin.

 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024