Jayapura (ANTARA) -
PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Jayapura menyebutkan penumpang yang berangkat di Pelabuhan Jayapura mencapai 3.400 orang atau mengalami peningkatan dibandingkan hari-hari biasanya.
 
General Manager Pelni Cabang Jayapura Slamat Yanuardi, di Jayapura, Jumat, menyebutkan pula untuk penumpang yang datang di Pelabuhan Jayapura sebanyak 1.300 orang.
 
"Memang ada kenaikan jumlah penumpang yang berangkat di mana pada hari-hari biasanya hanya 1.000 orang saja," katanya lagi.
 
Menurut Slamat, lonjakan penumpang mudik Natal 2023 yang berangkat ini terlihat di KM Labobar pada Selasa (19/12) lalu.
 
"Angkutan penumpang membludak dikarenakan Kapal Labobar tersebut merupakan angkutan terakhir sebelum Natal, sehingga para penumpang banyak manfaatkan kesempatan tersebut," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, meski begitu masih ada kapal yang akan masuk di Pelabuhan Jayapura pada 25 Desember yakni Kapal Sinabung, untuk itu kepada masyarakat diminta mengecek kembali jadwal keberangkatannya.
 
"Masuknya Kapal Sinabung ke Pelabuhan Jayapura akan mengangkut para pemudik gratis dengan daerah tujuan Jayapura ke Biak sebanyak 500 penumpang," katanya pula.
 
Ia menambahkan hingga kini baru 100 penumpang yang mendaftar, untuk itu kepada seluruh masyarakat agar memanfaatkan mudik gratis dari Kementerian Perhubungan RI dan Pelni khusus angkutan Natal 2023.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024