Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom, Papua, menyiapkan satu tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk daftar pemilih tambahan (DPTb) guna mempermudah dalam proses pemilihan pada pemilu 14 Februari 2024.

Ketua KPU Kabupaten Keerom Merlianus Gobai di Jayapura, Kamis, mengatakan dari total 216 TPS yang tersebar di 91 distrik, di antaranya satu TPS khusus untuk DPTb, sehingga nanti semua suara dapat terakomodir.

Menurut dia, berdasarkan pantauan KPU Kabupaten Keerom pihaknya telah melakukan pengecekan pada setiap distrik dan semua telah siap dan kini tinggal menunggu pendistribusian surat suara.

“Hingga kini tahapan pemilu di Kabupaten Keerom berjalan lancar tanpa ada hambatan,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dan konsolidasi dengan pihak keamanan guna mencegah terjadinya gangguan pada pemilu mendatang.

“Selain itu kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bersama menjaga kedamaian pada pesta lima tahun sekali ini,” katanya.

Dia menambahkan berdasarkan data yang diperoleh baru sekitar 15 persen pemilih pemula yang melakukan perekaman KTP elektronik.

“Dari daftar pemilih tetap di Kabupaten Keerom yakni 50.017 pemilih, di mana 15 persen itu pemilih pemula,” ujarnya.
 


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024