Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua mengakui peran pers atau media sangat penting dalam mendukung pembangunan di daerah setempat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jayapura Hana S Hikoyabi ketika dihubungi di Sentani, Minggu, mengatakan program dan kegiatan pemerintah daerah kalau tidak disiarkan media massa maka masyarakat luas tidak akan tahu mengenai pembangunan yang telah dilakukan.

“Makanya saya selalu sampaikan kepada pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) supaya menghargai setiap kerja keras wartawan dengan memberikan informasi sebaik mungkin,” katanya.

Menurut Sekda Hana, pemerintah pusat dan masyarakat di Jawa, Sulawesi, Kalimantan, Maluku dan Sumatera mengetahui pembangunan di Papua khususnya Kabupaten Jayapura melalui media.

“Berbagai prestasi yang diperoleh Kabupaten Jayapura salah satu indikatornya melalui siaran media yang dilihat dan dijadikan rekomendasi untuk memperoleh penghargaan,” ujarnya.

Dia menjelaskan media atau pers memiliki peranan penting dalam pembangunan Kabupaten Jayapura.

“Tugas wartawan atau jurnalis adalah sebagai fungsi kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah,” katanya.

Dia menambahkan dalam setiap kesempatan bertemu dengan pers, dirinya mengingatkan media untuk tidak hanya memberitakan yang positif, tetapi negatif pun diberitakan sehingga ada evaluasi dari kebijakan yang telah diambil.

“Saya mempersilakan media atau jurnalis untuk memberikan kritik konstruktif yang juga disertai solusi pemecahan masalah sesuai dengan prinsip, unsur dan kode etik jurnalistik, serta unsur yang berimbang dalam memuat suatu berita,” ujarnya.

Pemkab Jayapura mengucapkan terima kasih kepada pers yang telah mempublikasikan berbagai program kerja mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan juga peningkatan ekonomi.

Pemkab Jayapura, Polres Jayapura dan jurnalis di Kabupaten Jayapura menggelar dialog kebangsaan dengan tema Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2024.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024