Jayapura (ANTARA) -
PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku menyebutkan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 2024 menjadi momen dalam peningkatan kesadaran bekerja lebih hati-hati serta waspada.
 
Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Sunardi di Jayapura, Kamis, mengatakan Bulan K3 merupakan kegiatan rutin tahunan yang digelar Pertamina sebagai bentuk penerapan budaya kerja aman dan sehat.
 
"Pada Selasa (6/2) kami telah melakukan pembukaan Bulan K3 yang diikuti oleh pekerja dan mitra kerja di lingkungan Kantor Regional Papua Maluku guna menurunkan angka kecelakaan kerja di wilayah setempat," katanya.
 
Berdasarkan keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Nomor 244 Tahun 2023, kata dia,  tema pokok nasional pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2024 adalah “Budayakan HSSE Pada Diri, Rekan Kerja dan Keluarga untuk Menjaga Keberlanjutan Bisnis".
 
"Berdasarkan Tema Nasional tersebut, kami melalui fungsi Health Safety Security & Environment (HSSE) mengangkat tema regional Bulan K3 yakni Back to Basic HSSE 2024'," ujarnya.
 
Dia menjelaskan peringatan Bulan K3  bukan semata-mata hanya diperingati, namun juga harus diaplikasikan pada praktik kehidupan bekerja sehari-hari.
 
Sementara itu Area Manager Commucation, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Edi Mangun menyampaikan kegiatan tersebut akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan.
 
"Yang mana kami kemas dalam bentuk beberapa rangkaian kegiatan seperti pelatihan, upskilling pengetahuan dan keterampilan, fun games, dan individual atau group challenge aspek HSSE," katanya.
 
Dengan adanya kegiatan Bulan K3, kata dia, diharapkan dapat menambah keharmonisan dan kolaboratif seperti yang tertera pada budaya AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif).

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024