Jayapura (ANTARA) -
Tokoh Adat Kabupaten Jayapura, Papua mengingatkan agar para calon legislatif (Caleg) bersaing secara sehat dengan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga Pemilihan Umum ( Pemilu) dapat berjalan lancar.
 
Tokoh Adat Papua yang berada di Kampung Sereh,Kabupaten Jayapura, Papua Yanto Eluay dalam siaran Pers di Jayapura, Jumat, mengatakan, dengan melihat banyaknya anak muda Papua yang maju ini merupakan hal yang baik bagi Bumi Cenderawasih tersebut.
 
"Kami berharap melalui para Caleg yang maju baik di tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten dan Kota maka daerah di Papua ini bisa lebih maju dengan program yang ingin menyejahterakan masyarakat," katanya.
 
Menurut Yanto, pihaknya sangat antusias melihat banyak saudara-saudara serta anak muda yang maju sebagai Caleg.
 
"Untuk itu mari sama-sama ikut berpartisipasi dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara ( TPS) dan memilih sesuai hati nurani," ujarnya.
 
Dia menjelaskan, pihaknya mengimbau agar Pemilu dapat berjalan dengan baik, aman dan damai, dengan ikut memilih wakil-wakil rakyat sesuai hati nurani, sehingga para caleg tersebut dapat bekerja untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di seluruh Kabupaten/kota maupun di Provinsi-provinsi yang baru.
 
"Kami juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama menjaga agar Pileg maupun Pilpres dapat berjalan dengan damai," katanya.
 
Dia menambahkan, pihaknya meminta kepada kelompok-kelompok masih berseberangan, yakni organisasi-organisasi yang selama ini melakukan kegiatan-kegiatan berlawanan dengan Pemerintah, untuk ikut bersama masyarakat yang lain menyukseskan Pemilu Legislatif maupun Pemilu Presiden di Tanah Papua yang saat ini sudah terbagi menjadi enam Provinsi.

“Kami juga mengimbau agar masyarakat Papua, khususnya adat, tidak terprovokasi dengan adanya isu-isu untuk memboikot Pemilu," ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024