Timika (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah AKBP I Gede Putra mengatakan, pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 berlangsung kondusif tanpa gangguan keamanan.

"Kami belum menemukan insiden-insiden besar sejak pencoblosan hingga penghitungan surat suara di tempat pemungutan suara (TPS)," kata Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Mimika AKBP I Gede Putra di Timika, Kamis.

Menurut Kapolres, sejauh ini pihaknya hanya menemukan insiden yang bersifat biasa terjadi atau lumrah, dan masih dapat di komunikasikan secara langsung di lokasi TPS.

"Yang kami temukan hanya masalah-masalah biasa saja, sejauh ini dapat diselesaikan dengan dibicarakan di lapanga," ujarnya.

Dia menjelaskan hingga saat ini, pihaknya masih terus melakukan penjagaan di gudang-gudang tempat penyimpanan logistik yakni di Kuala Kencana, Mimika Timur, Gedung Tongkonan, Gedung Eme Neme Yauware dan Iwaka.

"Di wilayah pesisir juga masih dalam penjagaan kami, sementara kotak suara lagi dikumpulkan pada masing-masing TPS, selanjutnya di kumpulkan ke Kantor Distrik untuk dikirim ke Gedung Eme Neme Yauware," katanya lagi.

Dia menambahkan, pihaknya berharap bagi seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Mimika agar tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban hingga perhelatan pesta demokrasi ini selesai dilaksanakan.

"Saya mengharapkan sejak awal pemilihan hingga nantinya pemungutan suara, masyarakat dapat menjaga situasi dan kondisi tetap aman dan kondusif," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024