Sentani (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Jayapura menyiagakan 100 personel guna mengawal jalannya rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten daerah setempat pada Jumat.

Aparat kepolisian yang berjaga itu ada yang menggunakan pakaian dinas lengkap dan pakaian preman baik di dalam maupun luar gedung untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kepala Kepolisian Resor Jayapura AKBP Fredrickus WA Maclarimboen dalam rilisnya di Sentani, Jumat mengatakan pihaknya akan menyiagakan anggota selama lima hari sesuai jadwal pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara yang digelar oleh KPU Kabupaten Jayapura.

“Anggota kami berjaga baik di dalam maupun luar ruangan sejak 1-5 Maret 2024 untuk memberikan rasa aman dan nyaman dalam pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara,” katanya.

Menurut kapolres, 100 personel itu diantaranya 80 personel dari Polres Jayapura dan 20 personel lainnya dari Satuan Pelopor Brimob Nusantara.

“Tentu kami dari pihak kepolisian berharap dengan adanya keamanan ini maka pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara dapat berjalan lancar dan aman sesuai jadwal,” ujarnya.

Dia menjelaskan komisioner KPU Kabupaten Jayapura bersama anggota panitia pemilihan distrik (PPD) melaksanakan rapat pleno rekapitulasi suara ini sebagaimana mestinya tanpa harus memikirkan hal-hal yang tidak diharapkan.

“Kami sangat berharap komisioner dan anggota PPD siap sehingga pleno ini bisa berlangsung tepat waktu, tanpa harus ada perpanjangan waktu tetapi sesuai dengan jadwal yakni lima hari,” katanya.

Dia menambahkan tentu peserta yang dapat menghadiri rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten itu wewenangnya berada di pihak penyelenggara dalam hal ini KPU Kabupaten Jayapura.

“Saya contohkan, saksikan mandatnya dua orang, tetapi saat pelaksanaan pleno yang diharuskan masuk hanya satu orang, maka itulah yang diizinkan masuk oleh anggota sesuai petunjuk KPU,” ujarnya.

Pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi suara yang digelar oleh KPU Kabupaten Jayapura akan berlangsung selama lima hari sejak 1-5 Maret 2024 menggunakan salah satu hotel di Kota Sentani, Kabupaten Jayapura.



Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024