Biak (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Biak Numfor, Papua mengedepankan fungsi edukasi dan preventif operasi keselamatan Cartenz 2024 dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat berkendaraan di jalan raya.

"Jajaran Polres Biak berharap operasi keselamatan Cartenz berlangsung 4-17 Maret 2024 dengan pendekatan preemtif atau pencegahan dan preventif (penanggulangan) yang turut didukung oleh upaya penegakan hukum," kata Kepala Kepolisian Resor Biak Numfor AKBP Damianus Dedy Susanto seusai gelar pasukan operasi keselamatan Cartenz 2024 di Mapolres Biak, Sabtu sore.

Diakuinya, operasi Keselamatan Cartenz 2024 kali ini merupakan sarana bagi kita untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat secara humanis agar selalu patuh dan disiplin terhadap lalu lintas.

Dikatakan Kapolres, permasalahan di bidang lalu lintas tidak dapat diselesaikan hanya dari personel Polri saja, namun perlu adanya sinergis antara Polri, TNI, Pemda dan seluruh pemangku kepentingan terkait.

"Melalui operasi Cartenz dapat tercapainya koordinasi yang solid guna terciptanya keamanan keselamatan tertib lancar lalu lintas yang aman dan kondusif," harap Kapolres AKBP Damianus.

Tempat yang menjadi pusat perhatian operasi keselamatan Cartenz, menurut Kapolres, di antaranya jalan raya pusat keramaian, terminal ,pelabuhan, bandara dan objek wisata.

"Kendaraan melawan arus lalu lintas, tidak gunakan sabuk pengaman, penggunaan helm standar SNI, kelengkapan surat kendaraan, pengendara gunakan handphone seluler saat berkendaraan menjadi prioritas penanganan keselamatan Cartenz," katanya berharap.

Staf Ahli Bupati Biak Francisco Olla mengajak masyarakat di Kabupaten Biak Numfor dapat mematuhi peraturan berlalu lintas ketika berada di jalan raya.

"Adanya operasi keselamatan Cartenz 2024 di lingkup Polres Biak untuk memberikan penyadaran warga pentingnya ketertiban berkendaraan," kata Staf Ahli Bupati Biak Francisco didampingi Kadis Perhubungan Simon Rumaropen seusai gelar pasukan operasi keselamatan Cartenz Polres Biak.

Apel gelar pasukan operasi keselamatan Cartenz 2024 ditandai pembacaan ikrar deklarasi aksi keselamatan jalan yang menegaskan komitmen untuk setia kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, serta siap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada operasi keselamatan Cartenz 2024 Polres Biak menyiagakan 23 personel untuk melayani masyarakat dalam menciptakan ketertiban berlalu lintas di jalan raya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024