Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua meraih peringkat pertama kabupaten/kota se-Indonesia pembuatan konten kreator audio visual Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Penghargaan itu diterima langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura Gustaf Griapon di Trans Convention Bandung Jawa Barat dalam acara Anugrah Media Center (AMC ) 2024.

Gustaf Griapon dalam keterangan tertulis di Sentani, Rabu, mengatakan apa yang diraih saat ini merupakan kerja keras rekan-rekan di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura.

"Saya sebagai pimpinan mengucapkan terima kasih kepada teman-teman di dinas yang telah bekerja keras sehingga bisa meraih hasil terbaik dalam konten kreator audio visual," katanya.

Menurut Gustaf, raihan penghargaan ini akan menjadi motivasi lebih baginya dalam meningkatkan ide-ide kreatif dalam membuat konten pembangunan kepada masyarakat Papua khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Konten bermutu itu lahir dari ide cemerlang, sehingga balik ke Jayapura saya akan berkolaborasi dengan teman-teman di dinas dalam meningkatkan apa yang telah diraih," ujarnya.

Dia menjelaskan penghargaan ini sesuai Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Komunikasi Publik, dan menjalankan fungsi government public relations (GPR) atau hubungan antara masyarakat dan pemerintah.

“Kemkominfo RI menilai media center Kabupaten Jayapura sangat berperan aktif dalam menyebarluaskan informasi pemerintah kepada masyarakat sehingga layak kami meraih penghargaan," katanya.

Dia menambahkan media center yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jayapura beberapa tahun terakhir begitu aktif dalam memfasilitasi setiap program dan kebijakan pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah (OPD) kepada media massa, elektronik maupun cetak.

“Keterbukaan informasi selalu di publikasikan baik tentang pembangunan, serta kendala yang dihadapi di lapangan disampaikan secara terbuka kepada wartawan, sehingga masyarakat luas bisa memperoleh informasi pembangunan secara transparan atau terbuka,” ujarnya.

Penghargaan AMC 2024 hanya diberikan kepada 16 kabupaten/kota di Indonesia yang dianggap begitu terbuka dalam menyampaikan pencapaian pembangunan dan kendala melalui media center pemerintah daerah.

Adapun 16 kabupaten/kota yang menerima penghargaan AMC 2024 yakni Kota Padang, Tidore Kepulauan, Batam, Palangka Raya, Pekanbaru, Madiun, Semarang, Kabupaten Lumajang, Musi Banyuasin, Pangkajene dan Kepulauan, Hulu Sungai Utara, Polewali Mandar, kabupaten Jayapura, Mimika, Raja Ampat dan Kebumen.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024