Biak (ANTARA) - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyalurkan bantuan enam kendaraan untuk membantu angkutan badan usaha milik desa (bumdes) melayani warga kampung di Kabupaten Biak Numfor,Papua.

"Mobil bantuan ini dipakai untuk melayani masyarakat kampung menjual hasil kebun ke kota, jadi tidak digunakan keperluan keluarga," tegas Bupati Herry Ario Naap seusai penyerahan bantuan mobil transportasi desa di Biak,Kamis

Ia mengatakan, jika mobil bantuan pemerintah disalahgunakan bukan untuk melayani masyarakat kampung maka pihak Pemkab Biak Numfor lewat Dishub dapat menariknya.

Kepada pengelola bumdes di enam kampung, menurut Bupati Herry, untuk merawat kendaraan dengan baik supaya lebih awet untuk melayani transportasi warga kampung.

"Hari ini secara resmi Pemkab Biak Numfor menyalurkan bantuan kendaraan bagi enam bumdes," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Biak Numfor Simon Rumaropen berharap, kendaraan dinas bantuan pemerintah bisa membantu pemasaran hasil pertanian dan perikanan warga kampung ke kota Biak.

"Dishub Biak meningkatkan pengawasan kendaraan bantuan enam bumdes supaya membantu kebutuhan transportasi warga kampung.

Diakuinya, karena mobil bantuan ini untuk diberikan kepada enam bumdes sehingga dapat dimanfaatkan untuk melayani kebutuhan transportasi warga.

Kadishub Simon mengatakan, syarat untuk mendapatkan bantuan kendaraan angkutan transportasi desa Kemenhub yakni bumdes harus berbadan hukum.

"Puji Tuhan bumdes terpilih mendapat bantuan kendaraan sudah terseleksi dari berbagai badan usaha kampung," sebut Kadishub Simon.

Keenam bumdes penerima bantuan itu terdiri di antaranya Bumdes Saobi, Bumdes Tunas Rimba, parkim Kawasan, Bumdes Babeoser.

Sedangkan bumdes lain penerima bantuan kendaraan Doyayi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024