Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 100 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dilibatkan dalam Festival Creative Week yang berlangsung di Lapangan PTC Entrop Jayapura pada 7-10 Maret 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano di Jayapura, Kamis, mengatakan pada ajang tersebut pihaknya menyediakan sebanyak 53 stan di mana satu stan diisi oleh dua UMKM.

"Pembukaan Irian Creative Week dilaksanakan saat pembukaan dengan HUT ke-114 Kota Jayapura sehingga berlangsung di PTC Entrop dengan konsep bazar kuliner dan pertunjukan," katanya.

Menurut Mano, semua peserta yang menjuarai lomba tari yospan akan melakukan parade saat penutupan Minggu 10 Februari 20204.

Dia menjelaskan Irian Creative Week kali merupakan kali terakhir dilakukan namun pihaknya tetap melakukan ajang yang melibatkan UMKM dalam rangka HUT Kota dengan menggunakan nama Jayapura City Festival.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Jayapura Richard Nahumury mengatakan dalam pelaksanaan Irian Creative Week 2024 pihaknya juga melibatkan dunia perbankan.

"Jadi ada 53 stan UMKM lima di antaranya diisi  perbankan baik BUMN maupun BUMD," katanya.

Dia menambahkan pihaknya berencana menambahkan 10 stan UMKM pada Jumat (8/3) guna memberikan kesempatan bagi UMKM lain terlibat dalam ajang tersebut.

"Kami harap adanya kegiatan tersebut dapat membantu UMKM dalam meningkatkan pendapatan mereka," ujarnya.

 

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024