Timika (ANTARA) - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan era digitalisasi sangat mendukung kegiatan promosi produk UMKM di daerah ini.

Kepala Bidang UMKM Diskop UMKM Mimika Nurbaya, di Timika, Senin, mengatakan perkembangan teknologi digital memberi kemudahan bagi pelaku usaha dalam mempromosikan dan memasarkan produk usahanya.

"Sekarang untuk promosi produk, pelaku usaha dapat memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produknya, ini sangat memungkinkan jangkauan pasaran akan semakin luas," katanya.

Menurut Nurbaya, ada banyak jenis media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menjangkau pasaran yang lebih luas, serta memberi kemudahan bagi konsumen dari sisi jarak dan kemudahan menemukan pilihan produk yang diinginkan.

"Saat ini pasar digital sudah menjadi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen, untuk itu pelaku UMKM dapat menjadikan ini sebagai peluang untuk mengembangkan usahanya," ujarnya.

Dia menjelaskan melalui pasar digital pelaku usaha dapat menjangkau pasaran yang lebih luas, permintaan yang lebih banyak serta dapat memacu semangat untuk membuat variasi jenis usaha.

"Ketika usaha yang dijalankan berkembang baik maka akan ada kemungkinan untuk memvariasikan usaha, seperti usaha kuliner dapat dibuat menjadi lebih kekinian atau dengan aneka rasa yang unik," katanya lagi.

Dia menambahkan pelaku usaha akan semakin berkembang melalui akses digitalisasi, karena jangkauannya tidak terbatas pada satu wilayah saja tetapi semakin luas.

"Jika jangkauan semakin luas, maka pelaku usaha dapat memanfaatkan jasa pengantaran dan juga pengiriman, dengan demikian maka bukan hanya satu usaha yang berkembang tetapi ada koneksi antar sesama pelaku usaha," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024