Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan  total belanja barang dan jasa tahun anggaran 2024 mencapai sebesar Rp3,55 triliun dari 10.742 paket pekerjaan.

Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa (Kabag PBJ) Setda Kabupaten Mimika R Bambang Wiji Wicaksono, di Timika, Rabu, mengatakan saat ini pihaknya sedang mengevaluasi paket pekerjaan yang telah dimasukkan organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.

"Saat ini tim kami sedang mengevaluasi (review) paketan pekerjaan dengan tujuan agar tidak ada kesalahan seperti nontender dimasukkan ke tender," katanya lagi.

Menurut Bambang, sudah 75 persen paket pekerjaan yang telah dilakukan evaluasi dan pihaknya telah mulai melakukan langkah awal proses tender pekerjaan.

"Evaluasi paket sangat penting mengingat pengalaman di tahun-tahun yang lalu, maka hal ini dilakukan untuk mencegah multitafsir di kemudian hari," ujarnya pula.

Dia menjelaskan evaluasi paket ini juga bertujuan agar Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dapat menentukan syarat, spesifikasi serta metode tender paket pekerjaannya.

"Ini kami evaluasi dengan baik paket-paketnya sehingga nantinya saat ditenderkan, semuanya lancar tanpa hambatan," katanya lagi.

Pihaknya fokus mengevaluasi paket pekerjaan guna menghindari sanggahan setelah proses pekerjaan berjalan.

"Kompleksitas pekerjaan juga menjadi bahan pertimbangan, mengingat pada tahun sebelumnya ada paket pekerjaan yang tidak berjalan baik, dan kami tidak mau terulang lagi," ujarnya pula.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024