Timika (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengimbau kepada seluruh masyarakat pada daerah setempat, agar mengantisipasi kebakaran saat musim panas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mimika Moses Yarangga di Timika, Kamis, mengatakan dalam dua bulan terakhir telah terjadi kejadian kebakaran yang ditangani oleh pihaknya.

"Selama dua bulan ini ada delapan kejadian kebakaran yang kami tangani, sehingga kami imbau agar masyarakat tetap antisipasi," kata mantan Kabag Humas Setda Kabupaten Mimika.

Menurut Moses, pihaknya juga membantu menangani kejadian pohon tumbang hingga menutupi jalan raya di Jalan Baru, Kota Timika.

"Pohon tumbang ini karena angin kencang, kemudian ada juga menangani sarang tawon di rumah masyarakat di Jalan Ahmad Yani, pada Kita Timika," ujarnya.

Dia menjelaskan cuaca Kota Timika saat ini sedang panas dan di sore hari berangin sehingga pihaknya mengharapkan agar masyarakat senantiasa antisipasi cuaca yang tidak menentu ini.

"Beberapa waktu lalu terjadi angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang, kemudian kejadian ular besar masuk di rumah warga pada Jalan Kondro, Kota Timika," katanya lagi.

Dia menambahkan, masyarakat harus tetap waspada terhadap penggunaan kompor dan api mengingat cuaca yang panas saat siang hari.

"Kejadian kebakaran yang baru-baru terjadi di Jalan SP-2 karena anak kecil main korek api, jadi kami meminta agar orang tua dapat mengawasi anak-anaknya," ujarnya.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024