Jayapura (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Jayapura, Papua mengatakan sebanyak 841 petugas kebersihan di daerah itu yang meliputi petugas penyapu jalan, pengemudi truk dan petugas pembabatan tetap bekerja selama libur Lebaran.

"Mereka tetap bertugas seperti biasa selama libur Lebaran demi menjaga Kota Jayapura tetap bersih," kata Kepala Seksi Kebersihan, Pengumpulan dan Pengangkutan Sampah DLHK Kota Jayapura Frengky Numberi di Jayapura, Senin.

Menurut Numbery, saat Idul Fitri 1445 Hijriah para petugas kebersihan yang beragama Islam diberikan kesempatan untuk melaksanakan ibadah di hari raya keagamaan, sementara yang beragama Kristen tetap bekerja seperti biasa.

"Di mana pembersihan sampah di jalan protokol akan dilakukan dua kali setiap hari pada pukul 05.00 dan pukul 09.00 WIT," ujarnya.

Dia menjelaskan sampah di Kota Jayapura akan mengalami peningkatan pada waktu tertentu termasuk pada Hari Raya Idul Fitri.

"Terkait itu maka kami meminta agar masyarakat juga taat dalam membuang sampah sesuai jadwal yang telah ditentukan yakni pukul 18.00 hingga 05. 00 WIT," katanya lagi.

Dia menambahkan, selam bulan Ramadhan pihaknya juga menyiapkan semua armada untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir di Kota Kosso di Distrik Muara Tami.

"Ada 71 unit kendaraan yang meliputi 14 truk ambrol, 34 dump truk (truk jungkit), 14 pick up, dan sembilan motor roda tiga," ujarnya.

Pihaknya terus mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura agar aktif dalam menangani sampah dengan baik dan jangan membuang sampah sembarangan.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024