Timika (ANTARA) - Komunitas Anak Muda Gerakan Anti Sampah (Kamgas) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah bersama masyarakat setempat menanam pohon guna menjaga kelestarian alam.

Wakil Ketua Komunitas Anak Mudah Gerakan Anti Sampah Timika Benjamin Ramandey di Timika, Kamis, mengatakan Kamgas Timika rutin menggelar aksi sosial guna menyelamatkan alam dan lingkungan.

"Agar alam kita tetap terjaga dan lestari maka dibutuhkan kesadaran diri untuk tetap menjaganya dengan baik," katanya.

Pada 2023, pihaknya melakukan aksi menanam pohon di sekitaran Pantai pada Distrik Amar, dengan tujuan menjaga alam tetap lestari.

"Pohon menyumbang oksigen bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya, untuk itu kita harus menanam pohon dan berhenti menebang pohon sembarangan," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya bersama Pemerintah Distrik Amar di kabupaten setempat, juga melibatkan aparat TNI dan Polri pada wilayah setempat dalam melakukan aksi penanaman pohon.

"Tahun 2023 itu, kita tanam 27 pohon di Distrik Amar, ini juga merupakan peringatan 27 tahun usia Kabupaten Mimika," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat Kabupaten Mimika untuk tetap menjaga alam sekitar dengan tidak menebang pohon dan membuang sampah sembarangan.

"Alam yang asri dan lestari itu tanggung jawab kita bersama seluruh masyarakat Kabupaten Mimika, mari bersama-sama kita jaga alam kita dari pencemaran lingkungan maupun perambahan hutan," ujarnya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024