Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggandeng lembaga internasional Global Pund untuk menyediakan kelambu insektisida guna mencegah penyakit malaria di daerah setempat.

"Tahun ini program bagi kelambu insektisida tetap berjalan dengan melibatkan Global Pund," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Biak Numfor Ruslan Epid di Biak, Sabtu.

Pembagian kelambu insektisida, lanjut dia, diprioritaskan untuk distrik atau kampung yang angka kesakitan malaria masih tinggi.

Ia mengatakan untuk pembagian kelambu antinyamuk akan disebarkan secara gratis di setiap kampung dan distrik yang kasus malaria tinggi.

"Pembagian kelambu insektisida sebagai upaya pemerintah untuk mengurangi kasus malaria dalam menuju eliminasi 2024," katanya.

Ia mengatakan untuk tahun 2024 pihak Dinkes Biak Numfor sudah menyiapkan tiga distrik untuk menuju eliminasi malaria.

Ketiga distrik yang eliminasi malaria, menurutnya, yakni Distrik Biak Kota, Distrik Samofa dan Distrik Yendidori

"Di tahun 2023 satu distrik Biak Utara sudah eliminasi malaria dan tahun ini Dinkes menambah lagi tiga distrik untuk eliminasi malaria," sebut Ruslan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan RI sejak 2022 dukungan dari Global Fund telah mengalokasikan hampir 100.000 terapi antiretroviral bagi pengidap HIV, 200.000 paket pengobatan bagi penderita TBC, dan sebanyak 4,4 juta kelambu untuk keluarga.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024