Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah mengatakan saat ini pihaknya sedang fokus pada pembangunan infrastruktur, guna membuka akses pelayanan bagi masyarakat setempat.   

Kepala Bappeda Kabupaten Mimika Yohana Paliling di Timika, Jumat, mengatakan pembangunan infrastruktur di daerah ini membutuhkan anggaran yang sangat besar, mengingat topografi wilayah tersebut berbeda dengan daerah lainnya.   

"Saya bicara dari sisi perencanaan pembangunan, memang belum semua hal yang menjadi harapan masyarakat dapat terpenuhi karena membangun infrastruktur membutuhkan anggaran yang besar," katanya.   

Menurut Yohana, pembangunan infrastruktur ini bertujuan untuk memudahkan akses layanan pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat, untuk itu hal ini menjadi sangat penting.

"Infrastruktur yang kita bangun sangat besar sehingga membutuhkan anggaran yang besar, dengan harapan masyarakat dapat merasakan pelayanan lebih cepat dan efisien," ujarnya.

Dia menjelaskan beberapa tahun belakangan ini Pemerintah Kabupaten Mimika fokus pada pembangunan infrastruktur, setelah ini jadi maka selanjutnya yakni membangun Sumber daya Manusia (SDM).   

"Pemerintah Kabupaten Mimika juga telah memfasilitasi anak-anak muda melalui pelatihan-pelatihan pengembangan dunia kerja dan pemberian bantuan pendidikan," katanya lagi.

Dia menambahkan masukan dari pemerintah pusat akan menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Mimika untuk dijalankan ke depannya.

"Banyak hal yang telah Pemerintah Kabupaten Mimika kerjakan melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada, dan memang masih banyak yang harus terus ditingkatkan," ujarnya lagi.

 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024