Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyediakan satu unit ambulans laut untuk memberikan pelayanan cepat tanggap darurat kesehatan Public Safety Center 119 (PSC) sebagai program Biak sehat kepada masyarakat di wilayah kepulauan Numfor, Padaido dan Aimando.

“Dinkes, rumah sakit hingga puskesmas, ketika ada warga Biak Numfor membutuhkan layanan cepat tanggap darurat kesehatan bisa menghubungi layanan PSC 119,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor Daud Nathaniel Duwiri M.Kes di Biak, Selasa.

Dia mengatakan program layanan publik PSC 119 disediakan jajaran Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kepulauan hingga pelosok kampung di Kabupaten Biak Numfor.

Tujuan pelayanan PSC 119 untuk mencegah kematian pada pasien gawat darurat.

Sedangkan fungsi PSC, menurut Duwiri, senantiasa memberikan pelayanan kesehatan pasien gawat darurat dan membantu mengevakuasi pasien korban gawat darurat ke rumah sakit.

Dia menyatakan layanan cepat tanggap darurat PSC 119 Kabupaten Biak Numfor untuk wilayah Papua hingga saat ini masih yang terbaik

"PSC 119 bersama petugasnya selama 24 jam siaga memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Program layanan PSC 119 dikelola oleh Biak Numfor juga menyediakan layanan mobil ambulans guna membantu perawatan pasien sakit untuk mendapatkan rujukan ke rumah sakit.*

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024