Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menekankan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terus menjaga netralitas menjelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dengan begitu keamanan dan kondusivitas di wilayah setempat dapat terjaga.

Pelaksana Tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Yohanis Walilo di Jayapura, Rabu, mengatakan ASN merupakan salah satu garda terdepan dalam mendukung pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar.

“Sehingga sangat penting netralitas ini dijaga agar penyelenggaraan pada 27 November mendatang berjalan lancar,” katanya.

Menurut Yohanis, khusus ASN yang mau maju Pilkada agar segera memasukkan surat pengunduran diri secara baik-baik karena itu aturan yang berlaku dan menyesuaikan dengan peraturan komisi pemilihan umum (PKPU).

“Jika ada ASN yang maju Pilkada nanti maka harus mengikuti ketentuan yang ada, yakni harus mundur dari jabatannya,”ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya juga mengingatkan agar kepada calon kandidat yang akan maju tetap menjaga keamanan di Papua dan menerapkan etika dengan tidak saling menjatuhkan.

“Setiap orang mempunyai hak untuk mencalonkan diri yang terpenting tetap menjaga kedamaian di Bumi Cenderawasih dan tidak saling menjatuhkan,” katanya.

Dia menambahkan, dalam waktu dekat akan ada rencana kunjungan dari Menteri Politik dan Hukum dalam rangka melihat langsung kesiapan penyelenggaraan Pilkada di Provinsi Papua.

“Pada kunjungan tersebut tidak hanya melihat Provinsi Papua namun juga seluruh Daerah Otonomi Baru (DOB), “ ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024