Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Papua mengimbau kepada seluruh masyarakat agar meningkatkan budaya sadar bencana dengan menjaga lingkungan rumah masing-masing serta mampu mengenali ancaman yang ada di sekitarnya.

Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Papua Derek Hegemur pada kegiatan apel siaga dan simulasi peralatan bencana di halaman Kantor Gubernur Papua, Rabu.

“Hal ini penting dilakukan guna mencegah terjadinya risiko bencana sehingga meminimalisir dampak yang terjadi,” kata Derek.

Menurut Dia, peningkatan budaya sadar bencana ini memang harus menjadi perhatian pemerintah untuk itu pihaknya gencar melakukan sosialisasi agar dipahami sepenuhnya.

“Masyarakat harus mampu mengenali ancaman bencana dan memahami risiko bencana. Sebab penanggulangan bencana merupakan urusan bersama,” ujarnya.

Dia menjelaskan kesiapsiagaan merupakan upaya untuk mengantisipasi dan merespon bencana. Oleh sebab itu perlu dibangun pada masyarakat sejak dini.

“Kesiapsiagaan bencana akan menentukan besar kecilnya dampak bencana yang akan diterima, selain itu masyarakat harus memiliki kemampuan untuk bertahan dan membangun kembali kehidupannya setelah terkena bencana," katanya lagi.

Dia menambahkan pentingnya kesiapsiagaan yang dimulai dari individu, keluarga dan masyarakat. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengangkat tema Hari Kesiapsiagaan Bencana 2024, "Siap Untuk Selamat" dengan subtema, Indonesia Tangguh Indonesia Hebat.*


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024