Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua meminta semua pihak di daerah itu untuk bersama-sama mengawal proses penerimaan peserta didik baru di semua jenjang pendidikan.

Penjabat Wali Kota Jayapura Frans Pekey di Jayapura, Jumat, mengatakan pihaknya telah melakukan penandatanganan pakta integritas forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) bersama Balai Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Papua untuk memastikan pelaksanaan penerimaan peserta didik baru 2024.

"Tujuan penandatanganan pakta integritas tersebut ialah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Jayapura," katanya.

Menurut Pekey, kemajuan pendidikan Kota Jayapura harus terus didorong mulai dari proses rekrutmen siswa baru.

Selain itu kata dia, untuk menopang peningkatan mutu pendidikan di daerah itu pihaknya juga telah memiliki peraturan daerah dan aplikasi yang mendukung sistem penerimaan siswa baru berbasis online (Daring).

"Meski demikian dalam proses penerimaan siswa baru tetap saja masih menemui kendala sehingga ini menjadi perhatian kami semua untuk mengawalnya tahun ini secara transparan, objektif dan akuntabel," katanya lagi.

Dia menjelaskan pihaknya berharap pemerataan dan kualitas pendidikan di semua jenjang pendidikan bisa terdistribusi dengan baik.

Kepala Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua Junus Simangunsong mengatakan peserta didik baru memiliki hak yang sama dalam menempuh jenjang pendidikan terutama dari kesadaran maupun kuantitas.

"Untuk itu semua pemangku kepentingan harus dilibatkan agar pelaksanaan proses penerimaan peserta didik baru bisa berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024