Sentani (ANTARA) - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Silas Papare bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memanen tanaman jagung seluas 4,4 hektare guna mendukung ketahanan pangan di Papua.

Jagung ditanam di lahan milik Pangkalan TNI Angkatan Udara Silas Papare Jayapura selama tiga bulan sejak awal menanam hingga panen.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Silas Papare Jayapura Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah di Sentani, Rabu, mengatakan penanaman jagung dilakukan pada 6 Februari 2024 atau tiga bulan lalu.

“Penanaman jagung merupakan program nasional mengenai ketahanan pangan yang dilakukan TNI AU dalam menjaga kestabilan harga dan stok pangan di Papua,” katanya.

Menurut Danlanud, pihaknya dalam menanam jagung tidak bekerja sendiri tetapi melibatkan masyarakat orang asli Papua (OAP) dalam membantu program ketahanan pangan tersebut.

“Panen jagung perdana dilakukan di lahan 4,4 hektare, kemudian lahan lainnya kurang lebih 20 hektare itu dikelola oleh 35 masyarakat OAP dengan menanam tanaman tumpang sari seperti jagung, ubi jalar, pisang dan sayuran,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya membantu program nasional ketahanan pangan untuk memberikan penegasan bahwa TNI AU hadir tidak hanya menjalankan tugas dan fungsi pokok (Tupoksi) sebagai keamanan udara, tetapi bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Papua.

“Kami ingin memastikan bahwa kehadiran Lanud Silas Papare Jayapura dapat memberikan manfaat serta kontribusi kepada masyarakat melalui penanaman jagung atau kebutuhan pangan lokal,” katanya.

Dia menambahkan pihaknya menyiapkan lahan kosong untuk mendukung program nasional ketahanan pangan seluas 56 hektare.

“Dari luas lahan kosong yang disiapkan itu, pihaknya telah menyiapkan bibit jagung untuk ditanami di lahan seluas 28 hektare dalam tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo mengatakan apa yang dilakukan Lanud Silas Papare merupakan bukti nyata kontribusi TNI AU kepada masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan.

“Kami sangat bersyukur sekali, TNI khususnya TNI AU bisa membantu menjaga ketahanan pangan nasional di Papua melalui penanaman jagung dan berbagai kebutuhan pangan lokal lainnya, apalagi dipercayakan kepada masyarakat asli Papua,” katanya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Papua Samuel Siriwa menghadiri panen perdana jagung 4,4 hektare di lahan milik Lanud Silas Papare Jayapura.


Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024