Timika (ANTARA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) sebagai perusahaan tambang terbesar di Indonesia yang beroperasi Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan olahraga atletik di Tanah Papua melalui wadah Papua Athletics Center (PAC).

Director and EVP Sustainable Development PTFI Claus Wamafma melalui rilis di Timika, Jumat, mengatakan pihaknya mendukung pengembangan olahraga atletik di Tanah Papua sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo pada saat peresmian PAC.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi bagi atlet PAC dari Tanah Papua yang telah menunjukkan prestasi gemilang pada Kejuaraan daerah (Kejurda) Atletik Jatim Open 2024,” katanya.

Menurut Claus, atlet PAC pada Kejurda Atletik Jatim Open 2024 berlangsung di Stadion Oentoeng Poedjadi Universitas Negeri Surabaya (UNESA), pada 17-19 Mei, atlet asal Tanah Papua mengikuti cabang olahraga tolak peluru, lari, lontar martil dan lempar lembing.

“Dalam kompetisi yang berlangsung selama tiga hari, tim PAC berhasil meraih delapan medali yakni dua emas, tiga perunggu dan tiga perak,” ujarnya.

Sekretaris Umum PB PASI Tigor Tanjung menjelaskan dirinya ikut memberikan apresiasi dan rasa bangga atas prestasi yang diperoleh atlet-atlet asal Papua.

“Prestasi ini merupakan bukti kerja keras, dedikasi dan komitmen tinggi dari tim PAC, kami sangat bangga dengan pencapaian para atlet, semoga keberhasilan ini terus memotivasi mereka untuk berkembang serta berprestasi lebih baik lagi di masa mendatang,” katanya.

Dia menambahkan perolehan medali pada kompetisi tersebut menjadi bukti nyata pembinaan atlet yang dilakukan secara konsisten dan telah meraih prestasi yang membanggakan.

“Papua Athletics Center merupakan pusat pelatihan atletik yang dikelola PB PASI yang mendapat dukungan penuh dari PTFI dengan tujuan mengidentifikasi serta mengembangkan bakat atlet muda asal Papua,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024