Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Peternakan dan Perkebunan setempat menjamin kesehatan hewan kurban menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, dengan rutin melakukan kolaborasi dan sosialisasi bersama instansi terkait pada sembilan kabupaten/kota.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua MP Koibur, di Jayapura, Minggu, mengatakan selain itu pihaknya juga melakukan pemeriksaan secara rutin pada hewan ternak.

“Khususnya seminggu sebelum pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, kami bersama tim pengawas pemotongan hewan ternak akan melakukan pengecekan rutin pada setiap peternak hewan,” katanya.

Dengan demikian, kata dia, dari sisi kesiapan hewan yang akan dikurbankan dalam posisi aman dan sehat.

“Kami pastikan tidak ada hewan yang datang dari luar, semua hewan sapi dan kambing lokal dari Papua,” ujarnya.

Dia menjelaskan pada saat sebelum pemotongan ada namanya pemeriksaan antemortem, yang mana nanti petugas kesehatan akan mengecek kondisi hewan kurban sebelum disembelih dan tempat pengecekan di kandang penampung.

“Begitu juga setelah dipotong kami melakukan pemeriksaan yang tujuannya memberikan jaminan karkas, daging, dan jeroan, yang dihasilkan itu aman dan layak dikonsumsi,” katanya.

Sedangkan untuk hewan kurban bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), kata dia, berasal dari lokal dan jumlahnya sementara masih dikoordinasikan. Begitu juga dengan penerimanya.

“Sehingga kami harap masyarakat tidak perlu khawatir terkait kesehatan hewan kurban karena pemerintah akan terus melakukan pengecekan, baik itu hewan sapi dan kambing,” ujarnya.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024