Sentani (ANTARA) - Tokoh Pemuda Kota Jayapura Frank Reynold Tjoe mengharapkan masyarakat dapat menjaga kelestarian Teluk Youtefa.

"Teluk Youtefa bukan hanya 'surga' bagi kami penduduk asli Kota Jayapura tetapi sebagai sumber kehidupan bagi saudara-saudara dari luar, sehingga diharapkan mereka dapat menjaganya," kata Tokoh Pemuda Kota Jayapura Frank Reynold Tjoe kepada Antara di Jayapura, Selasa.

Menurut Reynold, penggunaan alat tangkap ilegal seperti menggunakan alat peledak masih saja terjadi dan ini harus menjadi perhatian semua pihak.

"Kami dari pemuda sudah sering mengingatkan supaya dalam mencari ikan di Teluk Youtefa jangan gunakan bom ikan karena akan merusak ekosistem laut, tetapi tetap saja tidak diindahkan," ujarnya.

Dia menjelaskan selain penggunaan alat peledak, sampah juga selalu menjadi 'hantu' yang menakutkan bagi keberlangsungan ekosistem di kawasan Teluk Youtefa.

"Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih sangat rendah, masih saja membuang sampah di kali, ketika musim hujan sampah-sampah itu dibawa ke laut," katanya.

Dia mengharapkan patroli dari polisi terus dilakukan supaya dapat mencegah penyalahgunaan alat peledak untuk menangkap ikan.

"Kami juga berharap kesadaran masyarakat terhadap lingkungan perlu ditingkatkan sehingga sampah tidak mengganggu keberlangsungan ekosistem di Teluk Youtefa," ujarnya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024