Jayapura (ANTARA) - Dinas Perikanan Kota Jayapura, Papua meminta seluruh warga di daerah itu khususnya di daerah pesisir untuk meningkatkan kesadaran dalam menjaga ekosistem laut.

Kepala Dinas Perikanan Kota Jayapura Matheys Sibi di Jayapura, Selasa, mengatakan potensi perikanan dan kelautan menjadi primadona baru pembangunan daerah itu di masa mendatang.

"Sehingga kesadaran untuk mengembangkan potensi laut harus diperkuat dengan kesetaraan menjaga lingkungan ekosistem laut," katanya.

Menurut Sibi, hal tersebut dilakukan guna mendukung dan mengembangkan potensi yang berkaitan dengan perikanan laut dan darat sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat terutama nelayan maupun penjual ikan seperti meningkatkan pendapatan dan penjualan.

"Kami juga terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama yang bermukim di kampung," ujarnya.

Dia menjelaskan, potensi sumber daya alam di sektor perikanan jika dikelola dengan baik akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat Kota Jayapura.

"Karena perikanan menjadi salah satu sektor unggulan yang dapat diandalkan untuk bisa mengangkat pertumbuhan ekonomi daerah kita," katanya lagi.

Dia menambahkan ada tujuh kampung di wilayah pesisir yang memiliki potensi perikanan laut dan dua Kampung memiliki potensi perikanan darat, sehingga diharapkan masyarakat setempat dapat memanfaatkannya guna meningkatkan kesejahteraan keluarga.

"Kami juga berharap semua pihak untuk bersinergi dalam mengelola potensi laut guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kota Jayapura," ujarnya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024