Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) setempat menyebutkan perluasan wilayah konservasi perairan merupakan salah satu upaya dalam menjaga keberlanjutan sumber daya laut di wilayah pesisir Bumi Cenderawasih.  
 
Kepala Dinas Perikanan Kelautan Papua Imam Djuniawal di Jayapura, Rabu, mengatakan perluasan wilayah konservasi berarti penyelamatan budidaya dan lokasi tangkap pada pesisir Papua. 
 
“Untuk memenuhi ekosistem laut itu berati penyelamatan budidaya dan lokasi tangkap sehingga kami telah melakukan pada beberapa wilayah khususnya di daerah pesisir yakni Biak Numfor,” katanya.  
 
Menurut Imam, sehingga penyelamatan ekosistem tersebut merupakan program prioritas di mana salah satunya yakni perluasan wilayah konservasi perikanan menjadi daerah pendukung bagi plasma nutfah.  
 
“Oleh sebab itu perlu daerah-daerah pesisir di Papua ini harus jaga dan pelihara karena ini menyangkut keberlangsungan biota-biota. Apalagi sektor perikanan menjadi salah satu sumber pertumbuhan baru,” ujarnya.  
 
Dia menjelaskan kegiatan penyelamatan itu antara lain sosialisasi terumbu karang kemudian penanaman bakau karena sebagian besar wilayah-wilayah pesisir di Provinsi Papua ini merupakan pengembangan biota dan daerah tempat telur para ikan sehingga wajib di jaga dan pelihara.  
 
“Selain itu kami juga telah bentuk kelompok masyarakat pengawas yang salah satu tugas menjaga dan memelihara ekosistem tempat agar tidak terjadi perusakan,” katanya.
 
Dia menambahkan untuk itu pihaknya mengajak seluruh lintas sektor agar menjaga wilayah perairan Papua dengan tidak membuang sampah serta melakukan penangkapan ikan menggunakan dopis karena itu sangat berbahaya bagi ekosistem laut Papua.

 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024