Timika (ANTARA) - PT Freeport Indonesia (PTFI) mengerahkan helikopter jenis Mill Mi-171 dan bus berkapasitas 312 orang guna mendukung peresmian Gereja Ainggigi di Kampung Aroanop Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Senior Vice Presiden Community Affair PTFI Nathan Kum melalui rilis di Timika, Rabu, mengatakan pihaknya mendukung pengiriman logistik sling load 65 ekor ternak babi ke Lembah Aroanop.

“Bantuan ini merupakan bentuk komitmen kami dalam mendukung kegiatan adat dan kerohanian masyarakat lokal di sekitar wilayah operasi,” katanya.

Menurut Nathan, hal ini dilakukan sebagai bagian dari bentuk kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Aroanop, khususnya guna kelancaran acara peresmian gereja yang telah dinanti-nantikan.

“Peresmian Gereja Ainggigi di Aroanop ini merupakan momen penting bagi masyarakat setempat, karena gereja merupakan simbol kebersamaan dan persatuan dalam membangun kehidupan yang lebih baik,” ujarnya.

Dia menjelaskan Lembah Aroanop merupakan zona terbatas sejak 2018 dan akses satu-satunya ke Kampung Anggigi yakni menggunakan helikopter.

“PTFI juga memberikan bantuan transportasi bus untuk mengantarkan tamu undangan dan masyarakat dari Timika ke Tembagapura, dan mereka melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki ke Lemabah Aroanop melalui Lembah Waa,” katanya lagi.

Tokoh masyarakat Sasiel Abugau menambahkan bantuan yang diberikan oleh PTFI sangat membantu karena memperlancar proses peresmian gereja, dan berharap kerja sama seperti ini dapat membantu masyarakat Amungme di wilayah Tsinga, Hoya dan Jila secara rutin.

“Kami sangat bersyukur kepada Tuhan karena PT Freeport memperdulikan kami masyarakat yang ada di Lembah Aroanop, Distrik Tembagapura,” katanya.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PTFI kerahkan helikopter dukung peresmian gereja di Tembagapura

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024