Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyerahkan 12 ekor hewan sapi kurban kepada masyarakat di empat daerah masing-masing Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Sarmi, dan Kabupaten Keerom.
 
“Kami harapkan bantuan hewan kurban dari Penjabat Gubernur Papua Ridwan Rumasukun dibagikan kepada masyarakat miskin yang berhak menerima, sebab Idul Adha 1445 Hijriah mengajarkan untuk berbagi kepada tetangga sekitar,” kata Penjabat Sekda Papua Derek Hegemur di Jayapura, Jumat.
 
Menurut Derek, hewan kurban bantuan Gubernur Papua sudah didistribusikan dinas terkait ke masjid di kota dan kabupaten.
 
"Perayaan Idul Adha mengajarkan bagaimana nilai pengorbanan dan kemanusiaan sehingga kami mengajak umat Islam di Papua untuk lebih meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT," ujarnya.
 
Selain itu, ujar dia, juga menanamkan jiwa kemanusiaan dan pengorbanan sesama umat, terlebih di tengah masyarakat Papua yang beragam.
 
“Semoga perayaan Idul Adha ini lebih memperkuat kebersamaan dan sama-sama menjaga Papua yang damai serta menyukseskan pilkada tahun ini agar dapat berjalan dengan aman,” katanya.
 
Dia menambahkan, hewan kurban yang disalurkan ke kabupaten/kota telah dilakukan pemeriksaan oleh instansi teknis. Dengan pemeriksaan tersebut, hewan-hewan yang dipilih tentunya sudah memenuhi syarat untuk dikurbankan.
 
Sebelumnya, Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Papua MP Koibur mengatakan ketersediaan hewan kurban di kabupaten/kota di Papua aman.
 
“Stok hewan kurban di sembilan kabupaten/kota di Provinsi Papua aman dan sehat karena semua hewan kurban kami awasi kesehatannya, sehingga hewan tersebut berkualitas,” katanya.

Bantuan hewan kurban diserahkan Penjabat Sekda Papua Derek Hegemur secara simbolis di Masjid Raya Baiturrahim Kota Jayapura, diterima langsung oleh Ketua Umum Masjid Raya, Abdul Kahar Yelipele.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024