Timika (ANTARA) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah saat ini memfokuskan membersihkan drainase di Kota Timika, yang meluap karena tersumbat.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mimika Robert Mayaut di Timika, Sabtu, mengatakan, pihaknya fokus untuk membersihkan drainase pada beberapa titik di Kota Timika yang meluap karena tersumbat.

“Fokus kita yakni membersihkan drainase, bukan saja sampah yang menyumbat tetapi juga ada pasir. Untuk itu kita fokus ke sana agar air tidak meluap ke badan jalan,” katanya.

Menurut Robert, pihaknya juga akan melakukan pembersihan pada area SP 5 hingga SP 2, karena dimensi cross jalan akan ditambahkan beberapa boks.

“Kita juga telah melakukan penambahan drainase di wilayah SP 1, dan untuk wilayah lain akan dilakukan pengecekan sungai yang sudah tidak berfungsi,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga akan mengaktifkan kali yang tidak berfungsi karena dapat menyebabkan penyumbatan saluran air dan meluap ke jalan.

“Kita lihat banyak kali-kali yang sudah tidak dialiri air, ini yang akan kami aktifkan lagi agar tidak terjadi penyumbatan yang berujung pada luapan air ke badan jalan,” katanya.

Dia menambahkan penanganan banjir bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah semata, tetapi juga masyarakat harus ikut berpartisipasi menjaga lingkungan, agar drainase tidak tersumbat dengan sampah.

“Jika masyarakat menjaga lingkungan termasuk drainase, saya rasa air akan mengalir lancar dan tidak ada sumbatan maupun luapan air,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024