Jayapura (ANTARA) - Komando Operasi (Koops) Habema menggelar kegiatan bertajuk wawasan kebangsaan bagi para pemuda  di Mbua, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Pangkoops HABEMA Brigjen TNI Lucky Avianto dalam siaran pers di Jayapura, Rabu, mengatakan kegiatan yang dilaksanakan prajurit Satgas Yonif Para Raider 432/Waspada Setia Jaya Kostrad itu menyasar generasi muda yang ada di wilayah tersebut.

"Memang benar  tugas Koops Habema tidak saja mengamankan Tanah Papua  dari gangguan OPM tetapi juga penyebarluasan wawasan kebangsaan," katanya.

Menurut Brigjen Lucky, kegiatan yang dilaksanakan di sela-sela tugas pengamanan tersebut dilakukan bertatap muka bersama beberapa pemuda yang sedang bercengkerama di dekat lokasi patroli.

"Prajurit memang mendatangi warga saat berpatroli dan saat berbincang-bincang, di saat itulah dilaksanakan pemberian pemahaman terhadap wawasan kebangsaan yang bertemakan 'generasi emas Papua merupakan tulang punggung rakyat  menuju Indonesia Emas 2045'," ujarnya.
 
Dia menjelaskan kreativitas Satgas Yonif 432 Kostrad yang menyampaikan wawasan kebangsaan kepada pemuda di Mbua merupakan wujud kepedulian TNI terhadap seluruh stakeholder di daerah tugas.

"Kami mengharapkan para stakeholder dapat berpartisipasi  mendukung upaya percepatan pembangunan di wilayah Papua," katanya lagi.

Senada dengan Brigjen TNI Lucky Avianto, Komandan Satgas Yonif 432/Kostrad, Letkol Inf Zulfikar Akbar Helmi mengatakan setiap personel Satgas Yonif 432/ Kostrad telah diminta agar selama penugasan memanfaatkan waktu  untuk hal-hal positif, tidak sekadar melaksanakan tugas pengamanan wilayah saja. 

"Karena itulah kemudian dijabarkan dengan menggelar wawasan kebangsaan kepada warga yang ditemui saat  berpatroli sekaligus  berkomunikasi dengan  warga," kata Letkol Inf Zulfikar.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024